Mahfud Aly

Lelaki terkombang-kambing tulisan. ...

Selengkapnya
[RESENSI] KHOEN ANTHY: KUMCER HATI BIDADARI
Hati Bidadari, cantik sekali

[RESENSI] KHOEN ANTHY: KUMCER HATI BIDADARI

Mahfud Aly

[Literature Enthusiast]

Judul buku: Hati Bidadari (Kumcer)

Penulis: Khoen Eka Anthy

Instansi: SMA Muhammadiyah 3 Batu

Editor: Istiqomah (Senior Editor)

Harga: 45.000

Narahubung: Penulis atau toko.sangpengajar.com

****

Cerita pendek banyak. Sak gudang. Pakai judul 'bidadari' ombyokan. Tapi cerpen pendidikan karakter. Tak banyak. Orang model saya itu jelas butuh. Biar tak banyak tingkah. Minta orang menulis secara benar. Eh, dirinya sendiri ora becus. Kemlinthi. Ea!

Menyoal bidadari itu bahasan tingkat dewa. Sebagai alien insaf dan manusia mualaf. Saya jelas harus buka kamus. Mujarobat. Hihihi! Bidadari itu simbol kesempurnaan. Tak terjangkau. Pastinya. Namun, tidakkah bisa kita temui bidadari di bumi?

Ah, menarik ini.

****

Saat saya jadi alien. Saya ubrek-ubrek planet lain. Gak ketemu. Ketemunya justru: Bidara. Itu kenapa email saya: bidaralamongan@gmail.com. Bisa juga sua saya di mahfudaly@gurusiana.id. Iklan sebentar, siapa tahu mau kirimi saya puisi: cinta di antara kita. Ea!

Saya dengar istilah bidadari tak bersayap yang ikhlas turun ke bumi. Ia disebut istri. Manusia bumi. Para suami, jaga ya. Sayangi. Jangan kau poligami.

Istri itu tulang rusukmu, kadang kaku namun rapuh. Rawan cuklek. Ia ibu dari anak-anakmu. Umbah-umbah bajumu. Buat kopi untukmu. Jika istri bahagia, rida Allah segera tiba. Percayalah pada kekuatan cinta. Masuk Pak Eko!

Saya tidak teruskan. Nanti saya dikerubungi emak-emak. Bapak-bapak mencak-mencak.

Kumcer Hati Bidadari adalah oase di panas gurun sahara. It's a snow in Sahara. Jadi ingat mantan pacar. Anggun C. D. E. F. Hihihi! Dulu saat saya ikut kuliah sastra, di antara bulan dan bintang di galaksi antah berantah, saya diajari: sastra itu melembutkan hati. Sastra itu memanusiakan manusia. Sastra itu cinta. Sastra itu membangun peradaban dengan akhlak. Kumcer ini buktinya.

Membaca buku sastra akan mengasah kepekaan hati, jiwa, serta mengolah rasa. Hari ini dunia rusuh. Awut-awutan. Yang tua tak bisa dicontoh. Yang muda hilang pegangan. Iya, saya butuh makan tapi juga asupan rohani. Pelajaran moral dan budi pekerti. Agama dan sastra adalah tempat kembali. Agama dan sastrs adalah jalan yang saya pilih.

Itu kenapa saya baca kumcer 'HATI BIDADARI.' Saya bukan orang baik. Tapi saya ingin jadi baik. Saya bukan teman yang jujur, tapi ingin mujur. Nguapleki saya itu. Saya bukan lelaki benar, tapi saya ingin jadi: manusia jadi-jadian. Eh, bukan. Saya ingin masuk surga. Hanya orang lurus yang bisa masuk surga dengan mulus. Sua bidadari berkulit mulus.

Ada sembilan belas cerpen. Based on true story. Unik dan menggelitik. Tajam penuh kelokan. Ending keren menewen. Kadang bikin menangis. Kali lain tertawa. Di cerpen selanjutnya: saya tertawa sampai menangis. Uedan!

Jangan minta saya mendeskripsikan, susah! Ah, cerpen yang berani dari sisi penggarapan tema dan plot. Mirip gado-gado. Ada haru. Ada bahagia. Ada sedih. Ada kecewa. Ada cinta. Bikin mewek.

Ditulis oleh guru bahasa Indonesia. Ia editor utama MediaGuru . Ia jaminan mutu. Ia berdiri sejak 1919. Eh salah. Itu jamu Nyonya Meneer. Pembaca bisa menyelam sambil ngopi. Menikmati jalinan cerita, sekaligus belajar tata bahasa.

Kumcer ini beda. Ada mutiara dalam tiap judulnya. Mutiara kata tentu saja. Jangan berpikir mutiara bulat indah itu ya. Ah, penuh motivasi diri untuk berbenah. Sangat cocok untuk siapa saja. Tua muda. Gendut langsing. Kaya miskin. Faktanya: mereka ingin diterima dan bahagia. Betul, tidak?

Fakta: ia adalah editor buku saya. Meneliti itu Seksi. Ia seksi sekali, keahliannya.

Satu fakta lagi saya ungkap. Dalam kumcer ini, ada 114 kata CINTA, dan 0 kata BENCI. Tak percaya. Buktikan saja. (Aly/Ea).

Lamongan, 3 Februari 2019

Ingin buku Anda diresensi, ea-kan saya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Betul, pak. Saya sudah baca keduanya.

12 Feb
Balas

Barakallah bunda Irma.

12 Feb

Ea...ea saya mulai paham bahasa alien nih

03 Feb
Balas

Bismillah. Saya belajar bahasa manusia pun susah ini. Bunda. Mohon maaf.

04 Feb

Sek. Asek. Asek....!.

03 Feb
Balas

Barakallah. Barakallah.

03 Feb

Resensi yang menggoda Bapak Ingin segera baca bukunya

14 Feb
Balas

Resensi yang menggoda Bapak Ingin segera baca bukunya

14 Feb
Balas

Resensi yang menggoda Bapak Ingin segera baca bukunya

14 Feb
Balas

Barakallah. Segera hubungi Bunda Khoen.

14 Feb

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali